E-KTP Emang Sudah ada Chipnya?

Posted by herimulyadi on 04/05/2013 in Uncategorized |

Berawal dari persoalan e-ktp, aku jadi bingung dengan tampilan fisik e-KTP,,, awalnya aku membayangkan e-KTP seperti disamping ini : Lengkap dengan chipnya…..

Berita 8 Mei 2012
Mendagri Menjawabnya:
Pangkalanbaru, Bangka Tengah (ANTARA News) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan chip Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-ktp) asli berada di dalam kartu.

“E-ktp yang sudah jadi, chip berada di dalam, berbeda dengan e-ktp uji coba di mana chip ada di luar,” kata Mendagri saat ditemui di Pangkalpinang dalam rangkaian Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Mendagri mengatakan dengan diletakannya chip di dalam kartu memberi keuntungan berupa keamanan dan kepraktisan.

“Kalau chip ditaruh di dalam maka akan lebih aman dan praktis karena tidak tergores-gores dan mudah hancur, kalau dipegang pun, bagian yang ini terasa lebih keras,” kata Mendagri sambil menunjukkan e-ktp miliknya dari dalam dompetnya.

Sistem baru tersebut, menurut Mendagri disebut “contact-less” sedangkan tipe uji coba di mana chip masih di luar disebut “contact”.

“Masyarakat tidak usah khawatir kalau e-ktp yang sudah jadi tidak ada chip-nya di luar karena itu sistem yang sebenarnya seperti itu, dalam chip itu telah terekam finger prints dan iris,” kata Mendagri.

Benarkah yang dikatakan mendagri?..karena pengamat korupsi menilai tidak ada chip dalam e-ktp dan itu jelas melanggar kontrak?

Berita 13 Des 2012:
Sindonews.com – E-KTP atau kartu penduduk elektronik yang dibagikan ke masyarakat dinilai tak sesuai dengan perjanjian. Jika saat presentasi di hapadan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), e-KTP itu akan dilengkapi chip berkode dan terdapat penanda lain, tapi kenyataannya e-KTP yang dibagikan seperti kartu umumnya.

Menyikpai hal itu, Peneliti Indonesian Coruption Watch (ICW) Tama S Langkun menilai Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama konsorsium pengadaan e-KTP telah melanggar kontrak yang telah disepakati. Mendagri Gamawan Fauzi pernah menyampaikan chip akan ditanamkan dalam e-KTP.

“Bentuk e-KTP yang sudah dibagikan ke masyarakat dan tidak menggunakan chip seperti yang sudah disetujui bersama adalah pelanggaran kontrak. Dalam kontrak PNRI dan konsorsium sebagai pelaksanan e KTP pengerjaan e- KTP berbasis nik secara nasional,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Tama menjelaskan, dalam Pasal 1 ayat 2 perjanjian soal lingkup pekerjaan jelas disebut tentang pengadaan blanko KTP berbasis chip. “Kalau sekarang tak ada chipnya, maka itu merupakan bentuk pelanggaran kontrak,” tandasnya.

Kemendagri harus membuktikan jika e-KTP yang sudah dibagikan itu memang ada chipnya sebagaimana perjanjian.

Menurut beberapa orang, RFID yang ada pada e-ktp hanya memuat nomor identitas dan tidak memuat foto,sidik jari dll, sama seperti kartu atm magnetik yang hanya memuat nomor identitas dan tidak memuat data, nah? sedangkan dalam rilis e-ktp mendagri terdahulu, dan menurut peraturannya, e-ktp itulah yang memuat data, bukan server yang dihubungkannya.

Itu membuat aku semakin bertanya-tanya, benarkah ada chipnya dalam e-ktp?

Berita hari ini yang paling banyak dikeluarkan mendagri adalah “keperluan card-reader untuk membaca data e-ktp”, jelas jauh dari klarifikasi ada tidaknya data pada e-ktp seperti yg dihebohkan masyarakat.

Saya menduga mendagri telah terlanjur kontrak pembuatan e-ktp tapi mendagri belum menemukan teknologi pembacaan data e-ktp..atau memang e-ktp tidak ada chipnya, dan mendagriĀ  telah ditipu kontraktor e-ktp? ada yang tahu jawabannya?

referensi: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016984727/berita-canggih-new-e-ktp–no-chip—no-magnetik—no-barcode/

angketĀ  terbaru:

kesimpulan disalah satu trit media sosial :
30 % menyatakan e-ktp ada RFID nya
40 % menyatakan ga ada apa2nya
30 % bingung

 

 

Copyright © 2012-2024 Heri Mulyadi All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.